Rapat Koordinasi Kegiatan Passenger Exit Survey (PES) - News - BPS-Statistics Indonesia Semarang Municipality

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Rapat Koordinasi Kegiatan Passenger Exit Survey (PES)

Rapat Koordinasi Kegiatan Passenger Exit Survey (PES)

October 24, 2023 | BPS Activities


Selasa, 24 Oktober 2023 BPS Kota Semarang melaksanakan Rapat Koordinasi Kegiatan Passenger Exit Survey (PES) bertempat di  Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan pengumpulan data pada Survei Passenger Exit Survey (PES) dari seluruh K/L/D/I, perusahaan dan pihak terkait serta menjadi suatu bentuk kooordinasi dan komunikasi yang intensif dan berkelanjutan terkait pemanfaatan data hasil Survei Passenger Exit Survey (PES). Selain itu kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi teknis dan komunikasi untuk pegawai BPS, perusahaan terkait, petugas PES, OPD dan pengguna data terkait tentang indikator yang dihasilkan dari kegiatan Survei Passenger Exit Survey (PES).

Rapat Koordinasi tersebut mengundang perwakilan dari Dinas/OPD, petugas PES, biro perjalanan, perusahaan terkait, serta pegawai BPS Kota Semarang. BPS Kota Semarang turut menghadirkan tiga orang narasumber terkait dengan kegiatan ini yaitu, Djoko Pujianto, SH, MH (Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas), Bramantyo Andhika Putra, S.H., M.H. (Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang), dan Dini Arifatin, SST, M.Si (Statistisi Ahli Madya BPS RI).

Dalam materi yang disampaikan, Dini Arifatin menyampaikan pentingnya data Passenger Exit Survey (PES) guna memperkuat sektor pariwisata yang merupakan salah satu program prioritas nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah. Diharapkan melalui PES dapat dikumpulkan informasi terkait Informasi profil, pola pengeluaran, dan pola perjalanan wisman yang dapat digunakan sebagai dasar penetapan kebijakan. Narasumber dari Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas Djoko Pujianto, SH, MH menyampaikan beberapa saran terkait pelaksanaan kegiatan PES berikutnya antara lain, sebelum pelaksanaan survei PES sebaiknya memiliki jadwal kunjungan kapal untuk memudahkan dalam penjadwalan pelaksanaan PES di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, perlunya koordinasi dengan Perwira Jaga Kantor KSOP, Agen Kapal dan PELINDO, serta agar BPS Kota Semarang dapat memberikan pemahaman kepada agen kapal mengenai terkait responden, tujuan dan pentingnya diadakannya pendataan PES. Bramantyo Andhika Putra menambahkan untuk mempermudah pelaksanaan PES, maka perlu dipertimbangkan pengunaan kuesioner dalam bentuk digital, seperti google form.

Rapat Koordinasi Passenger Exit Survey (PES) yang telah dilaksanakan tersebut diharapkan  dapat menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan PES di masa mendatang dan menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi pada saat pendataan Survei PES sebagai kolaborasi Bersama antara pemilik data, pengumpul, dan pengguna data sehingga akan tercapai sinergitas yang semakin memajukan Kota Semarang.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia