Pelatihan Survei Khusus Tahunan 2024 - News - BPS-Statistics Indonesia Semarang Municipality

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Pelatihan Survei Khusus Tahunan 2024

Pelatihan Survei Khusus Tahunan 2024

June 11, 2024 | BPS Activities


semarangkota.bps.go.id, Semarang - secara during tanggal 11- 12 juni 2024 dan secara luring tanggal 13 juni 2024 di aula BPS Kota Semarang diselenggarakan pelatihan Survei Khusus Tahunan (SKT) neraca pengeluaran.

 

Kegiatan pelatihan SKT ini dibuka oleh Fachrudin Tri Ubajani, SSi, MSi dan sebagai instruktur daerah adalah S.K.S Mawar Sari, SSt dihadiri oleh seluruh petugas pencacah dan pengawas/pemeriksa.

 

Salah satu statistik yang dihasilkan BPS adalah produk domestik regional bruto (PDRB), indicator tersebut merupakan salah satu perangkat data ekonomi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pembangunan suatu wilayah dan telah diterbitkan secara rutin setiap tahun. Menurut teori ekonomi makro, untuk menghitung PDRB dapat dilakukan melalui tiga pendekatan, yaitu yang pertama pendekatan produksi/penyediaan (PDRB menurut lapangan usaha/industri); yang kedua pendekatan pengeluaran/permintaan akhir (PDRB menurut pengeluaran/expenditure); dan yang ketiga pendekatan pendapatan (PDRB menurut pendapatan/income).


Dalam melakukan penghitungan PDRB diperlukan berbagai data/informasi yang diperoleh dari berbagai sumber data. Selama ini data yang dikumpulkan oleh internal fungsi BPS sendiri, maupun ekternal organisasi pemerintah daerah (OPD) yang biasa disebut data sektoral pada kenyataan masih belum mencukupi. Guna mencukupi informasi/ data tersebut, BPS perlu melakukan survei-survei tambahan yang biasanya dikemas dalam surveI khusus.

 

Dalam pelaksanaan penyusunan PDRB menurut pengeluaran, survei tambahan tersebut dirancang dalam survei khusus tahunan (SKT), berbagai ragam survei yang terkandung dalam SKT antara lain : survei khusus studi penyusunan perubahan inventori (SKSPPI), survei khusus perusahaan swasta (SKPS); survei khusus lembaga non profit tahunan/triwulanan (SKLNP/SKLNPRT), update LNPRT, dan survei khusus struktur input pemerintah (SKSIP). (Yamani)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia