Kegiatan PKL Mahasiswa Politeknik Statistika di BPS Kota Semarang - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Kegiatan PKL Mahasiswa Politeknik Statistika di BPS Kota Semarang

Kegiatan PKL Mahasiswa Politeknik Statistika di BPS Kota Semarang

22 Februari 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Senin (22/2) BPS Kota Semarang kedatangan seorang mahasiswa Politeknik Statistika STIS angkatan 60, Cesario Hanif Naufal . Tujuan kedatangannya adalah untuk melakukan tugas Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari kampus Politeknik Statistika. PKL Politeknik Statistika STIS adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan sebagai media bagi mahasiswa tingkat III Politeknik Statistika STIS untuk mengimplementasikan materi kuliah yang sudah dipelajari.

Topik yang diambil pada PKL tahun ini adalah “Menuju BPS yang lebih baik” (Towards Better BPS). Dalam metode pencacahannya, terdapat dua metode pengumpulan data yakni melalui wawancara langsung dan self-enumeration. Adapun riset yang menggunakan metode wawancara langsung terdiri atas dua riset yakni riset 2 dengan topik “Tingkat Kepuasan Kerja Pegawai Badan Pusat Statistik” dan riset 3 dengan topik  “Tingkat Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana di Badan Pusat Statistik”.

 Tujuan dari riset  2 sendiri antara lain mengetahui gambaran umum kepuasan kerja pegawai BPS dan membuat suatu indeks kepuasan kepuasan kerja pegawai. Sementara itu, tujuan dari riset 3 sendiri antara lain adalah mendapatkan gambaran umum mengenai tingkat mitigasi dan kesiapsiagaan bencana di BPS serta membuat indeks mitigasi dan kesiapsiagaan bencana BPS.

Sebagai petugas survei di BPS Kota Semarang , Cesario Hanif Naufal mewawancarai beberapa pegawai sebagai responden dimana sampel di BPS Kota Semarang terdiri atas 6 (enam) pegawai untuk kuesioner riset 2, 12 pegawai untuk kuesioner pegawai riset 3, dan satu(1)  pegawai untuk kuesioner satker riset 3.

Periode waktu pencacahan dengan wawancara langsung dilakukan pada tanggal 22 – 26 Februari 2021.

Semoga dengan adanya kegiatan PKL Politeknik Statistika STIS, mampu melatih adik-adik mahasiswa untuk siap terjun ke dunia kerja dan dapat memberikan sumbangsih serta manfaat bagi kemajuan institusi BPS tercinta. (nt)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik