Rakor Survey Keamanan Pangan Segar - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Rakor Survey Keamanan Pangan Segar

Rakor Survey Keamanan Pangan Segar

29 Januari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


semarangkota.bps.go.id, Semarang - Senin, 29 Januari 2024 bertempat di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang diselenggarakan rapat koordinasi kegiatan Survey Keamanan Pangan Segar.


Rapat koordinasi dibuka oleh Kepala Bidang Keamanan Pangan dan dihadiri narasumber dari Universitas Diponegoro (UNDIP). Peserta terdiri dari perwakilan OPD dan Dinas terkait.


Kegiatan ini ditujukan untuk melakukan koordinasi dan diskusi guna memperjelas cakupan dan ruang lingkup survey yang selanjutnya akan dilakukan yaitu Survey Keamanan Pangan Segar . Survey tersebut pelaksanaannya dijadwalkan pada bulan Februari hingga Mei 2024 melalui Memorandum of Understanding (MOU) dengan UNDIP, khususnya Fakultas Peternakan dan Pertanian yang bertanggung jawab pada kegiatan ini.


Objek survey terbagi menjadi 4 komoditas, yaitu unggas, daging, tumbuhan, dan perikanan. Lokasi survei rencananya akan dilakukan di pasar rakyat, pasar modern, toko/ warung, Rumah Potong Unggas (RPU), dan Rumah Potong Hewan (RPH). Uji suhu, ph, formalin, dan salmonella akan dilakukan untuk menjamin keamanan komoditas tersebut.


Hasil dari rapat koordinasi ini disepakati akan menjadi database awal yang diperoleh dari data enumerator yang tersebar di 16 kecamatan di Kota Semarang dan dari OPD/Dinas . Selanjutnya dari data tersebut akan dilakukan pengambilan sampel sesuai kriteria yang dibutuhkan. Melalui survey ini diharapkan tersedia database jumlah dan sebaran pelaku pangan segar yang berkualitas di Kota Semarang.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik