Kepala BPS Kota Semarang Pantau Survei Harga di Pasar Gayamsari - News - BPS-Statistics Indonesia Semarang Municipality

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Kepala BPS Kota Semarang Pantau Survei Harga di Pasar Gayamsari

Kepala BPS Kota Semarang Pantau Survei Harga di Pasar Gayamsari

April 2, 2024 | BPS Activities


semarangkota.bps.go.id, semarang - Survei Harga Konsumen merupakan salah survei yang dilakukan BPS untuk mencatat harga transaksi yang terjadi antara penjual (pedagang eceran) dan pembeli (konsumen). Survei yang bertujuan untuk menangkap pergerakan harga barang/jasa yang biasa dikonsumsi masyarakat ini dilaksanakan secara rutin dan digunakan sebagai dasar untuk menghitung indeks harga konsumen (IHK).

Penghitungan IHK ditujukan untuk mengetahui perubahan harga dari sekelompok barang/jasa yang pada umumnya dikonsumsi masyarakat. Perubahan IHK dari waktu ke waktu menggambarkan tingkat kenaikan (inflasi) atau tingkat penurunan (deflasi) dari barang/jasa kebutuhan rumah tangga sehari-hari. IHK merupakan salah satu data strategis Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperlukan sebagai dasar penentuan kebijakan pemerintah.

Agar pelaksanaan survei tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai SOP dan menghasilkan data yang lengkap, akurat dan tepat waktu maka petugas survei yang pada umumnya para mitra statistik dari BPS Kota Semarang harus sering didampingi dan diawasi kinerjanya.

Pada hari Selasa tanggal 2 April 2024 Kepala BPS Kota Semarang Fachruddin Tri Ubajani, S.Si.,M.Si dengan didampingi pengawas survei berkesempatan melakukan supervisi dan pemantauan pelaksanaan Survei Harga Konsumen di pasar Gayamsari Semarang. Dari hasil supervisi ini diketahui bahwa petugas survei telah melakukan tugas dengan baik dan sesuai SOP.


Diharapkan kualitas data IHK bisa selalu ditingkatkan karena data inflasi/deflasi merupakan salah satu indikator ekonomi yang penting. (Eko-Heru)
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia