Kepala BPS Kota Semarang Tinjau Pelaksanaan Survei KSA - News - BPS-Statistics Indonesia Semarang Municipality

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Kepala BPS Kota Semarang Tinjau Pelaksanaan Survei KSA

Kepala BPS Kota Semarang Tinjau Pelaksanaan Survei KSA

January 26, 2024 | BPS Activities


semarangkota.bps.go.id, Semarang - Jumat, 26 Januari 2024, BPS Kota Semaranga melakukan kegiatan Survei Kerangka Sampel Area (KSA).

Survei KSA ini merupakan survei berbasis area yang dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap sampel segmen. Survei ini bertujuan untuk menghitung perkiraan luasan panen untuk komoditas padi dan palawija (jagung).

Kali ini BPS Kota Semarang melakukan Survei KSA Padi bertempat di kelurahan Jabungan, kecamatan Banyumanik. Survei ini dilaksanakan rutin setiap bulan, pada 7 hari terakhir di bulan tersebut.

Kepala BPS Kota Semarang, Fachruddin Tri Ubajani melakukan supervisi atau pengawasan Survei KSA yang dilakukan oleh petugas baru untuk memastikan pelaksanaan KSA di lapangan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

Sebelum turun ke lapangan, Fachruddin bersama petugas pencacahan lapangan (PCL) yang merupakan mitra statistik dan petugas pengawas lapangan (PML) yang merupakan organik atau pegawai BPS mengunjungi kantor kelurahan Jabungan untuk bertemu dengan lurah dan menyampaikan tujuan kedatangan serta meminta izin untuk melakukan pendataan di kelurahan tersebut. Selanjutya menuju ke titik-titik atau segmen/subsegmen yang menjadi sampel pengamatan.

Dari sampel-sampel tersebut akan menghasilkan perkiraan luas panen serta produktivitas komoditas yang akan menjadi angka produksi untuk komoditas padi. Melalui Survei KSA ini, diharapkan data luas panen menjadi lebih akurat dan tepat waktu.
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia