FGD Pembinaan Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cantik Tahun 2024 - News - BPS-Statistics Indonesia Semarang Municipality

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

FGD Pembinaan Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cantik Tahun 2024

FGD Pembinaan Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cantik Tahun 2024

August 19, 2024 | Other Activities


semarangkota.bps.go.id, semarang – Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi pembina data statistik melaksanakan pembinaan terhadap penyelenggaraan kegiatan statistik baik pada tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kontribusi dan apresiasi masyarakat terhadap statistik, mengembangkan Sistem Statistik Nasional (SSN), dan mendukung pembangunan nasional. Dalam hal ini, BPS sebagai pusat rujukan statistik bertindak selaku inisiator dalam koordinasi dan kerjasama serta pembinaan statistik.


Dalam rangka pengelolaan dan pembinaan statistik sektoral, BPS Kota Semarang pada Senin, 19 Agustus 2024 melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cantik Tahun 2024 yang diikuti oleh 34 Dinas/OPD se-Kota Semarang. Bertempat di Ruang Loka Krida Gedung Moch. Ichsan, acara dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Ir. Endang Tri Wahyuningsih, MM. Dalam sambutannya, Ibu Endang menyampaikan bahwa kunci sukses penyelenggaraan Statistik Sektoral yaitu adanya komiten pimpinan yang kuat dalam mewujudkan Satu Data Indonesia Kota Semarang, Peningkatan kapasitas SDM terkait pengelolaan data statistik sektoral, dan kolaborasi serta sinergi dengan seluruh stakeholder.


Pada kesempatan ini dilakukan Pencanangan Desa/Kelurahan Cantik untuk Kelurahan Tambangan. Prosesi Pencanangan Desa Cantik melibatakan Ipang Filrandhi, S.STP, M.M (Lurah Tambangan sebagai yang dicanangkan), Fachruddin Tri Ubajani, S.Si, M.Si (Kepala BPS Kota Semarang sebagai yang mencanangkan), Budi Prakosa, S.T, M.T (Kepala BAPPEDA Kota Semarang sebagai Saksi), Soenarto, S.Kom, MM (Kepala Diskominfo Kota Semarang sebagai Saksi), dan Didik Dwi Hartono, SH, MM (Camat Mijen sebagai Saksi).


Dalam FGD ini, BPS Kota Semarang juga memberikan Penghargaan kepada 21 Dinas/OPD sebagi kontributor data sektoral pada penyusunan Publikasi Kota Semarang Dalam Angka Tahun 2024.


Kegiatan diskusi panel pada FGD Statistik Sektoral, dimoderatori oleh Sugeng Hartanto S.Sos., M.T (Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah BAPPEDA Kota Semarang) dan menghadirkan 3 (tiga) narasumber yakni Budi Prakosa, S.T, MT (Kepala BAPPEDA Kota Semarang), Soenarto, S.Kom, MM (Kepala Diskominfo Kota Semarang), dan Prof. Firmansyah, S.E., M.Si., Ph.D. (Wakil Ketua Bidang Penelitian LPPM UNDIP). (Bayu-Imel)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia