Workshop Single Data System - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Workshop Single Data System

Workshop Single Data System

10 Oktober 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


Semarang, Badan Pusat Statistik Kota Semarang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi, Statistik dan Persandian mengadakan Workshop "Pengelolaan Data Statistik Sektoral Dalam Sistem Satu Data Guna Mendukung Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan" di Hotel Patra Jasa tanggal 10 Oktober 2017. Dihadiri lebih dari 70 Peserta yang berasal dari SKPD dan Lembaga yang diundang di Kota Semarang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kota Semarang, Erisman, M.Si dan dimoderatori oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Semarang, Ir. Bambang Haryono. Acara ini juga mengundang Nara Sumber dari Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian, DR. Ir. Nana Storada DM dan Badan Pusat Statistik Kota Semarang, Erisman, M.Si. 

Materi workshop ini difokuskan pada pentingnya kualitas data yang dikumpulkan guna mendukung pembangunan. Single Data System (SDS) secara umum dapat menjadi rujukan utama dalam melakukan perencanaan, monev, dan pembuatan kebijakan serta berbagai kajian internal dan eksternal, termasuk pemenuhan data dari berbagai stakeholders secara vertical dan horizontal, dan secara khusus tercapainya target pembangunan di Kota Semarang. Sedangkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku Produsen Data dapat memberikan kontribusi dengan menyampaikan data pembangunan daerah sesuai kewenangannya untuk di upload pada portal http://opendata.semarangkota.go.id secara periodik dan Melakukan pengelolaan data pembangunan daerah (data spasial serta data statistik dasar, sektoral, dan khusus) secara baik dengan memperhatikan kesesuaian data.

Terselenggaranya workshop ini diharapkan bisa membangun Kota Semarang berbasis data yang terpercaya. Potensi yang dimiliki, tantangan yang dihadapi diketahui dari data statistik. Dengan data, akan dapat dilakukan perencanaan dan tindakan yang terarah dan tepat sasaran.

Materi Workshop dapat diunduh melalui link berikut : http://s.bps.go.id/wf
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik