Berbagi Pengalaman Dengan BPS Kabupaten Grobogan Strategi Membangun Zona Integritas Menuju WBK - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Berbagi Pengalaman Dengan BPS Kabupaten Grobogan Strategi Membangun Zona Integritas Menuju WBK

Berbagi Pengalaman Dengan BPS Kabupaten Grobogan Strategi Membangun Zona Integritas Menuju WBK

10 Agustus 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada hari Selasa, 10 Agustus 2021 melalui media zoom meeting, Tim ZI BPS Kota Semarang berkesempatan hadir secara virtual sebagai narasumber dalam acara sharing session persiapan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi bersama Tim ZI dari BPS Kabupaten Grobogan. BPS Kabupaten Grobogan yang pada tahun ini menjadi salah satu nominator satker peraih predikat WBK menginisiasi kegiatan ini guna mendapatkan sharing pengalaman dan persiapan yang telah dilakukan oleh BPS Kota Semarang pada tahun 2020 hingga mendapatkan penghargaan sebagai satker peraih predikat WBK.

 

Acara yang dikemas dalam suasana bincang santai ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB. Di awal acara, Kepala BPS Kabupaten Grobogan Drs. Syafi'i Nur M.Si menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya acara sharing session bersama tim ZI BPS Kota Semarang dan berharap dapat memperoleh pengetahuan,strategi serta saran-saran berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan oleh BPS Kota Semarang dalam rangka meraih satker berpredikat WBK. Acara kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Kepala BPS Kota Semarang, Fachruddin Tri Ubajani S.Si, M.Si serta Koordinator masing-masing Pilar Tim Zona Integritas BPS Kota Semarang.

 

Sebagai Ketua Tim Kerja Pembangunan ZI Fachruddin Tri Ubajani S.Si, M.Si menyampaikan pengalaman BPS Kota Semarang dalam membangun Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi. Fachruddin mengatakan bahwa semua unsur dalam suatu organisasi harus ikut terlibat tanpa kecuali dan  benar-benar memahami pengertian dari Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi. Diantara poin-poin yang disampaikan oleh  Ketua Tim Kerja Pembangunan ZI dan Koordinator masing -masing pilar, antara lain adalah ; perlunya persiapan menyangkut faktor internal dan faktor eksternal di dalam satker tersebut, diantaranya selalu mendokumentasikan setiap kegiatan kantor yang dilakukan, keterlibatan seluruh pegawai termasuk PPNPN untuk terlibat aktif dalam proses pencapaian predikat WBK serta peran aktif dari CAN dalam membuat perubahan di satker yang bersangkutan. Sedangkan untuk faktor eksternal diantaranya adalah selalu merangkul stakeholder setempat dalam satu kolaborasi yang positif sebagai wujud dari pelayanan publik terhadap pihak luar. Satker harus terus-menerus meningkatkan kualitas layanan dan inovasi sehingga tercipta birokrasi yang cepat, nyaman, dan bermanfaat bagi stakeholder. Dalam penilaian WBK, tahapan critical berada  pada tahapan presentasi, survey online kepada stakeholder dan pengguna layanan oleh Kemenpan RB sehingga tim harus benar-benar mengawal proses tersebut agar berjalan dengan baik.

 

Di akhir acara sharing session,  Kepala BPS Kabupaten Grobogan Drs. Syafi'i Nur M.Si menyatakan bahwa pemaparan terkait sharing pengalaman serta strategi yang disampaikan oleh Tim ZI BPS Kota Semarang sangat bermanfaat dan menginspirasi. Syafi'i berharap bahwa dengan adanya sharing session ini, BPS Kabupaten Grobogan dapat memperoleh predikat WBK pada tahun 2021 (nt/tant)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik