PELATIHAN CALON PETUGAS SURVEI HARGA PRODUSEN TAHUN 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

PELATIHAN CALON PETUGAS SURVEI HARGA PRODUSEN TAHUN 2024

PELATIHAN CALON PETUGAS SURVEI HARGA PRODUSEN TAHUN 2024

12 Januari 2024 | Kegiatan Statistik


BPS Kota Semarang melaksanakan kegiatan Pelatihan Petugas Survei Harga Produsen Pada tanggal 11 s.d 12 Januari 2024. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan secara luring pada tanggal 11 Januari 2024 dan secara daring pada tanggal 12 Januari 2024. Bertempat di Aula BPS Kota Semarang, pelatihan hari pertama secara resmi dibuka oleh Bapak Fachruddin Tri Ubajani, S.Si, M.Si dengan diikuti oleh 17 peserta yang terdiri dari 13 orang petugas pencacah lapangan (PCL)dan 4 orang petugas pemeriksa lapangan.  Pada Hari ke dua, kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting yang diikuti oleh seluruh peserta pelatihan.

Tantri Silviana, SST, M.Ec.Dev selaku Instruktur Nasional pada pelatihan kali ini memaparkan terkait pentingnya pemantauan harga di tingkat produsen Fluktuasi harga biasanya dimulai pada tingkat harga produsen, yang kemudian menjalar (contagion effect) pada level harga selanjutnya, yaitu harga perdagangan besar dan harga eceran. Harga produsen sebagai harga pertama merupakan price leader dari level harga lainnya. Pada level harga ini perlu dilakukan monitoring perkembangannya sebagai sistem peringatan dini (early warning system) terhadap gejolak harga pada level harga selanjutnya.

Pencacahan Survei Harga Produsen ini dilakukan secara bulanan di seluruh wilayah Indonesia, yang dapat memenuhi secara optimal target paket komoditas.  Jenis barang yang dikumpulkan data harganya adalah jenis barang yang termasuk dalam paket komoditas Indeks Harga Produsen. Paket komoditas yang dipilih adalah barang-barang yang dominan diproduksi dan dijual dalam jumlah besar.  Responden Survei Harga Produsen adalah perusahaan/industri yang menghasilkan barang/jasa.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik