Pengawasan Survei Ubinan - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Pengawasan Survei Ubinan

Pengawasan Survei Ubinan

6 Maret 2024 | Kegiatan Statistik


semarangkota.bps.go.id, Semarang – Rabu, 6 Maret 2024, di Kelurahan Wonoplumbon dan Kelurahan Mijen, Kecamatan Mijen, diselenggarakan survei ubinan tanaman pangan.

 

Petugas pendataan lapangan ubinan didampingi pengawas dari BPS Kota Semarang melakukan pengumpulan data survei ubinan tanaman pangan, dengan komoditas palawija .

 

Survei ubinan tanaman pangan ini bertujuan untuk memperoleh tingkat produktivitas ( hasil per hektar ) komoditas tanaman pangan.

 

Survei ubinan palawija dilakukan dengan pendekatan rumah tangga. Sebelum pelaksanaan ubinan pada rumah tangga usaha tani terpilih, dilakukan terlebih dahulu updating pada blok sensus terpilih. Pelaksanaan ubinan dilanjutkan wawancara dengan petani untuk mengumpulkan data valid yang berkaitan dengan produktivitas.

 

Karakteristik yang dikumpulkan dari wawancara tersebut meliputi penggunaan pupuk, benih, pengairan, cara penanaman dan sebagainya. Sektor pertanian berperan sangat penting, sehingga petugas pendataan lapangan dituntut untuk memahami setiap pertanyaan di kuesioner untuk menghaslkan data yang berkualitas. (Tutik-EkoAji)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik