Kegiatan Survei Ubinan di Kecamatan Mijen Semarang - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Kegiatan Survei Ubinan di Kecamatan Mijen Semarang

Kegiatan Survei Ubinan di Kecamatan Mijen Semarang

10 Maret 2022 | Kegiatan Statistik


Kamis (10/3), BPS Kota Semarang melakukan pengawasan terkait survei ubinan yang berlokasi di kecamatan mijen kelurahan tambangan, segmen 337401001, sub segmen B2 dan sub segmen B3.

Ubinan yang dilakukan oleh para petugas mitra BPS Kota Semarang ini merupakan salah satu kegiatan rutin BPS yang dilakukan guna mengumpulkan data produktivitas tanaman pangan, utamanya komoditas padi. Survei ubinan ini dilakukan bersamaan dengan waktu panen oleh petani. Mulai subround 3 (bulan September-Desember) tahun 2018, survei ubinan untuk komoditas padi dilakukan melalui pendekatan Kerangka Sampel Area (KSA).

KSA sendiri merupakan suatu metode baru yang dikembangkan oleh BPS bekerjasama dengan berbagai lembaga dalam rangka memperbaiki metode pengumpulan data luas panen yang sebelumnya hanya berdasarkan pada hasil pengamatan mata (eye estimate). Metode ini dilakukan dengan cara yang lebih obyektif dan modern dengan melibatkan perangkat teknologi di dalamnya, sehingga data dikumpulkan menjadi lebih akurat. (anto)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik