Pendataan Rentang Harga (RH) Susenas 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Semarang

April 2024 terjadi inflasi year on year Kota Semarang sebesar 3,01 persen

Pendataan Rentang Harga (RH) Susenas 2024

Pendataan Rentang Harga (RH) Susenas 2024

12 Februari 2024 | Kegiatan Statistik


semarangkota.bps.go.id, Semarang - Pada bulan Februari - Maret 2024 Badan Pusat Statistik melaksanakan agenda rutin Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2024. Output Susenas diantaranya indikator kemiskinan makro sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan persiapan yang baik.


Susenas mengumpulkan informasi mengenai “Banyaknya” dan “Nilai” konsumsi rumah tangga untuk berbagai komoditas bahan makanan, bahan minuman dan rokok, dan komoditas bukan makanan. Informasi mengenai “Banyaknya” dan “Nilai” Komoditas/barang berhubungan erat dengan harga komoditas/barang karena “Nilai” dibagi dengan “Banyaknya” menghasilkan harga per satuan standar komoditas atau barang. Sehingga harga per satuan standar komoditas merupakan salah satu komponen penting dalam pengumpulan dan pengolahan data Susenas.


Harga per satuan standar komoditas sangat dipengaruhi oleh kualitas komoditas/barang dan ketersediaan barang serta tingginya tingkat permintaan. Oleh karena itu harga yang digunakan dalam proses pengumpulan dan pengolahan data Susenas bukan merupakan nilai tunggal tetapi merupakan suatu rentang nilai yang disebut dengan harga minimum dan harga maksimum.


Untuk kebutuhan tersebut maka dilakukan Survei Rentang Harga yang digunakan untuk mengumpulkan harga minimum dan maksimum suatu komoditas/barang. Pencacahan Rentang Harga 2024 dilaksanakan pada tanggal 12 - 14 Februari di pasar, minimarket, toko, pedagang keliling, pedagang kaki lima dsb yang berada di sekitar wilayah kerja pencacahan Susenas Maret 2024.

 

Pendataan ini dilakukan oleh pengawas lapangan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2024 yang merupakan pegawai organik BPS Kota Semarang. Pencacahan rentang harga diharapkan bisa menjadi langkah awal menghasilkan data SUSENAS yang akurat dan terpercaya. (Heru-Amel)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota SemarangJl. Inspeksi Kali Semarang No.1

Semarang-Jawa Tengah; Telp (024) 3546413

Faks (024) 3546413

e-mail : bps3374@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik